Selasa, 17 Februari 2015

Kira-kira apa penyebab belum berhasil?


Kadang kita tahu potensi diri kita tetapi kita terlalu mudah nurut dengan rasa malas, kita mudah takluk sama diri kita, gamau cape sedikit, gamau ribet sedikit. Maunya serba instan, kalau usaha maunya langsung sukses ga ada hambatan dan rintangannya. Ya mana ada? Tujuan tercapai itu juga udah sepaket sama hambatan dan rintangannya. Sepaket sama enak dan ga enaknya. Nah dibawah ini saya mau meringkaskan apa sih penyebab yang mungkin pernah teman-teman alami, semoga bisa jadi bahan pelajaran bersama ya :)

1. TIDAK MAU SEGERA MENGAMBIL TANGGUNG JAWAB
Bisnis oriflame adalah bisnis jaringan dimana kita punya upline dan punya downline. Kadang kita lupa kalau kita udah punya downline yang harus dibina, dan karena kemampuan kita kurang mumpuni (mungkin karena tidak pernah ikut training jadinya ga paham sama sistemnya, ga banyak nanya, ga aktif, ga mau action dll) jadinya downlinenya terbengkalai dan akhirnya mundur-mundur cantik, nah ini yang buat bisnis kamu ga berkembang karena downline dibiarkan begitu saja, diucekin ga pernah dicolek-colek. Ibaratnya kaya kita memelihara tumbuhan aja kalau ga pernah dikasih pupuk dan disiram air lama kelamaan juga pasti mati. Sama kaya downline kita pupuk mereka dengan bekal ilmu, dengan semangat motivasi dengan suport sistem, lama kelamaan pasti akan subur dan berbuah atau bahkan akan menghasilkan member-member baru yang berkualitas juga.

2. APA CIRI KHAS KITA?
Setiap orang itu berbeda dan unik. Ada yang jago rekrut ada yang jago jualan ada yang jago bina (kemampuan ini memang harus wajib kita punya ya), ada yang jago bikin paketan, ada yang jago ngomong, ada yang jago make up, ada yang pendiem, ada yang bawel dll. Semuanya unik dan semuanya punya potensi. Jadi jangan pernah remehkan diri kamu sendiri ya. Yakin sama yang kita lakukan, yakin dan percaya diri sama diri kita karena kita punya potensi setiap orang punya peluang yang sama. Kembangkan kemampuan dan potensi kamu disini untuk mendapatkan sesuatu yang besar tidak hanya materi, pengembangan diri, pergaulan luas tetapi juga kemampuan untuk selalu respect dengan orang lain, kemampuan untuk peduli kepada orang lain.

3. MENYALAHKAN SISTEM dan ORANG LAIN

"Ah aku juga udah pernah ikut, gak berhasil tuh!"
"Ah aku juga di jaringannya mbak yang hebat itu yang fastest leader, tapi ya sama aja tuh!"


Akhirnya digeneralisir bahwa sistemnya tidak bagus, menipu, dll.
Padahal mungkin karena kita sendiri yang belum tau apa-apa, karena kita sendiri yang ga mau belajar, karena kita sendiri yang attitudenya masih kurang bagus, karena kita sendiri yang masih suka ngeluh dll. Percayalah sistem oriflame itu udah bagus banget, tinggal kitanya saja yang mau pilih mau berada disini atau tidak. Kalaupun tidak jangan pernah menggeneralisir sesuatu karena pelampiasan kamu.

4. MALAS BELAJAR

“Kak kok aku ga berhasil-berhasil ya?”
“Kak kok aku masih gini-gini aja ya?”
“Kak aku ga semangat!”
“Kak aku kan ga bisa ngomong di depan orang”
“Kak temen aku kan sedikit ga kaya kaka?”
“Kak bagi tips dong?”
“Kak aku kan.........

Sampai kapan kalian bertanya seperti itu?
Coba deh jangan banyakin ngeluh tapi banyakin action. Sebelum ngomong “kak aku........” coba tanya sama diri sendiri, apakah kamu rajin ikut training online atau offline, apa kamu rajin ngerjain to do list dari upline kamu, apakah kamu suka baca buku buat ngembangin kemampuan bisnis kamu, apakah kamu suka mencari inovasi terbaru buat ngembangin bisnis kamu, apakah kamu bener-bener maksimal berusaha dan berdoa sampai ga ada lagi waktu buat leyeh-leyeh ga ada waktu lagi terbuang percuma. Sudah belajar?


5. AKU SUDAH KERJAIN SEMUA!

"Kak aku udah lakuin SEMUA tapi kok hasilnya belum ada?"
Kalau belum ada hasilnya berarti lakukan evalusi kinerja kamu, cari jawaban kenapa belum ada hasilnya. apakah yang kamu lakuin udah benar semua? apakah dikerjain setiap hari atau bolong-bolong asal semuanya dikerjain? apakah ngerjainnya kurang ikhlas? Coba instrospeksi diri ya!

6. MENGANGGAP BISNIS ITU SERBA PASTI

Bisnis Oriflame ini tidak pasti. Gaji bisa turun dan bisa naik, namanya juga bisnis ga selalu naik terus kan. Tapi kita bisa mengupayakan biar setiap bulan selalu naik atau minimal seimbang lah.
Kebanyakan orang maunya pasti.
Kalo ngajak temen maunya langsung diterima.
Kalau tupo, pasti naik level.
Kalau dateng training sekali, langsung pinter.

Bisnis tidak bisa seperti itu.
Kalau ada hambatan ya kita cari tau apa hambatannya? Bagaiamana memperbaikinya? Apa jalan keluarnya?
Bisnis ini adalah kita sendiri BOS nya jadi kita harus pintar mengambil keputusan, pintar mencari jalan keluar dari setiap masalah dan punya rasa tanggungjawab tinggi.
Kalau kamu siap naik penghasilannya kamu juga harus siap juga punya tanggung jawab lebih, karena bonus 1 juta, 2 juta, 5 juta, 10 juta, 15 juta, 30 juta atau ratusan juta tanggungjawabnya berbeda-beda.
Mau ini dan itu, ingin berhasil, ingin punya ini dan itu, nggak bisa datang sendiri, tapi harus dijemput, harus dikerjain dengan fokus.

Sama-sama ngaca yuk temen-teman, apa yang yang menyebabkan belum berhasil? Kita evaluasi diri masing-masing yuk

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar